Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemik Covid-19 melalui Usaha Pembesaran Abalon Terintegrasi dengan Ikan Laut Ekonomis di Desa Pesisir Bokori

Main Article Content

Ermayanti Ishak

Abstract

Program kemitraan masyarakat (PKMI) penanggulangan COVID-19 merupakan program pengabdian yang dilaksanakan oleh Universitas Halu Oleo (UHO) yang ditujukan bagi upaya pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemik Covid-19. Kegiatan ini berupa budidaya (pembesaran) abalon terintegrasi dengan pemeliharaan ikan laut ekonomis, yang dilaksanakan di Desa pesisir Bokori Sulawesi Tenggara, sejak tanggal 25 September-25 November 2020.  Metode pelaksanaannya melalui sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek). Sosialisasi mengenai pengenalan keong abalon ke kelompok nelayan sekaligus pengetahuan budidaya abalon, sedangkan bimbingan teknis yang diberikan yakni demontrasi pembuatan apartemen abalon yang terintegrasi dengan karamba tancap serta metode pemeliharaan dan penanganan budidaya abalon.  Apartemen abalon merupakan media yang digunakan untuk pembesaran juvenil abalon dalam usaha budidaya.  Hasil kegiatan menunjukkan ketercapaian beberapa indikator program, di antaranya yaitu 1) Perbaikan sistem budidaya abalon dengan, terbentuknya apartemen abalon dalam karamba tancap, 2) Pemeliharaan abalon bersama dengan ikan laut ekonomis seperti ikan kuwe (Caranx sp.), 3) dan Peningkatan partisipasi aktif dari kelompok nelayan sasaran.  Keberlanjutan program kemitraan ini terlihat dari semakin terampil dan mandirinya kelompok nelayan sasaran dalam menangani biota budidaya, khususnya jenis keong abalon dan pencapaian dalam peningkatan pendapatan kelompok nelayan sasaran, utamanya di saat masa krisis.

Article Details

How to Cite
Ishak, E. (2022). Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemik Covid-19 melalui Usaha Pembesaran Abalon Terintegrasi dengan Ikan Laut Ekonomis di Desa Pesisir Bokori . JECE - Journal of Empowerment Community and Education, 1(3). Retrieved from https://jurnalpengabdian.com/index.php/jece/article/view/688
Section
Articles

References

Adimulya, R.A. Ola, O.L, & Bafadal A. 2017. Analisis Pendapatan dan Prospek Agribisnis Abalon (Haliotis asinina) di Kabupaten Konawe dan Kota Kendari. Jurnal Sosio Agribisnis 1(1):85-98.

Ishak, E. Palupi, R.D, & Disnawati. 2019. Pemberdayaan Nelayan melalui Optimalisasi Karamba Tancap Multifungsi untuk Mendukung Wisata Bahari di Desa Pamata Raya, Kendari. Agrokreatif 5(1): 64-70.

Ishak, E. Setyobudiandi, I. Yulianda, F. Boer, M, & Bahtiar. 2020. Efek Keragaman Tipe Habitat terhadap Struktur Populasi dan Morfometrik Abalon Haliotis asinina Linnaeus, 1758. Jurnal Biologi Tropis 20(1): 29-39.

Ishak, E. (2020). Pertumbuhan dan Biologi Reproduksi Mata Tujuh Haliotis asinina di Perairan Pesisir Soropia Sulawesi Tenggara. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

McBride, S & Conte, F.S. 1994. California Abalone Aquaculture. Abstracts of California University Letter. 221:1: 7578.

Pustria. Budiyanto & Lawelle, S.A. 2017. Efisiensi Usaha Budidaya Ikan Kuwe (Caranx Sp.) dalam Keramba Jaring Apung Di Desa Banu-Banua Jaya Kabupaten Buton Utara. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan FPIK UHO 2(10): 20-26.

Usman. Daud. S. Ponsapan dan Rachmansyah. Beberapa Aspek Biologi Reproduksi dan Kebiasaan Makan Ikan Kuwe (Carangidae) di Selat Makasar dan Teluk Ambon. Jurnal penelitian perikanan Indonesia 2(3):12-17.